Minggu, 01 Agustus 2010

Bosccha, keindahan luar dan dalam.....

okay..
gw kemarin abis selese ujian terakhir buat anum, dan gw rasa hasilnya ga terlalu bagus.....
tapi ya udahlah, whatever....que sera-sera, what ever will be will be...~_~....

Daripada mbahas hal yang bikin hati ga enak mendingan gw bahas hal-hal yang bikin seneng.
mungkin yang pertama adalah SP gw telah berakhir x ya. Dengan berakhirnya SP ini maka akhrinya gw resmi mendapatkan liburan gw yang tertunda selama 2 bulan.....
dan menggantinya dengan bolos kuliah selama 1 minggu...~_~

beberapa hal yang sudah gw lakukan hari ini adalah pergi ke observatorium bosscha di lembang.

1st Chapter of holiday... ke bosscha.....
pagi2 bener gw udah bangun, dan gw siap2 kumpul di depan kampus jam tengah 8, dan ternyata setelah gw sampe di sana, Arif sang inisiator malah ngaret, dan ditambah dengan ngaret-ngaret anak yang lain, sehingga kami bisa berangkat sekitar jam 9an...(oh.. kapan bangsa ini bisa maju...~_~)

Bosscha adalah satu2nya observatorium(setau gw...) yang ada di Indonesia. Bosscha ini adanya di daerah lembang, kalo mau tau, jalannya sebelum ke ciater.
Dlu waktu kecil, gw pgn banget ke bosscha....Hmm, tepatnya abis nonton film petualangan Sherina.
berharap bisa dapet momen kayak derby romero sama serina waktu masih iciprit, tapi dah tau ciuman...(halah.....)

beberapa foto dalemannya boscha nih....
nah ini dia teropong utamanya, dengan panjang fokus sekitar 11 meter...

laskar mesin ....ya...sudahlah,,,,

boscha from outside....bentuknya kaya kandang burung...

di dalemnya juga ada kuliah singkat tentang dasar astronomi....
Sebenernya observatorium bosscha ni dah tua banget, jadi pertama dibikin sekitar taun 1920. ya sejarahnya banyak lah di internet...

nah, singkat cerita, abis dijelasin tentang teropong utama sama mas-mas yang di gambar nomer 1 tadi, anak-anak langsung pada menuju ke ruang multimedia, yang di gambar 4 itu. Di situ dijelasin tentang kuliah dasar astronomi mengenai bima sakti kita dan apa yang diluarnya.

Yang jelas dari penjelasan singkat ini, gw jadi tau banyak hal tentang luar angkasa kita. Dan betapa kecilnya seluruh umat manusia ini dari jaman Nabi Adam sampe sekarang, dan segala ciptaannya digabungkan, dibanding sama besarnya alam semesta. Kalo minjem istilah dari salah satu film favorit gw yang dibintangin joddie foster..'Contact',

'if we are the only one who lives in this whole universe, then the universe is really a waste of space'

(hahah.... jadi inget ni film, sangat disarankan untuk ditonton, karena membangkitkan minat kita dan menyadarkan kita sedikit kesombongan manusia :).....)

nah, abis dikasih presentasi sama mas-mas di ruang presentasi, kita rame-rame keluar buat nyari teropong surya yang ada di sebelah tempat presentasi tadi. Di teropong surya ini kita bisa ngeliat matahari melalu prinsip pemantulan cahaya matahari ke meja. Soalnya cahaya matahari bakalan bikin sakit mata kalo dilihat langsung pake mata.
Dengan teleskop ini kita bisa ngelihat perkembangan bintik matahari(sunspot) yang berpengaruh terhadap banyak hal di dunia ini.
Sunspot adalah perwujudan dari medan magnet matahari yang intens di suatu daerah. Lebar sunspot sangat berpengaruh terhadap iklim bumi....(well it seems kuliah singkatnya ga sia2 banget :)........)

Foto-foto dari Teleskop Surya...:

Mbak Inday, Blogger Juga...heheheh

Evan yang selalu penasaran



Hasil Sunspot yang dipantulkan ke meja 

wajah puas ketika mendung penghalang matahari pergi...
Di lab surya ini, laskar mesin ketemu sama teh Inday, doi alumni ITB juga jurusan Astronomi 2004. 
Teh inday ini orangnya asik juga ternyata. jadinya kunjungan ke teleskop surya ini jadi kunjungan yang paling ga ngebosenin.
Dan lebih jauh lagi, dari penelusuran Arief Rahman Saputra, diketahui bahwa teh Inday ini adalah seorang blogger juga. .....:D


Foto Bersama teh inday..(gw yang moto)....



salam santai.....
Bryan KL








4 komentar:

  1. kaliyaaaaaaan!!!! wakakakakakak... mudah-mudahan gak merasa rugi dateng ke bosscha :p

    BalasHapus
  2. hahah....
    ngga teh... kuliah singkat teteh menarik kok...
    :D

    BalasHapus
  3. biyaaaan ,
    ah gw iri bin sirik luar biasaaa ,
    pengen kesana jg .

    BalasHapus
  4. hahahah....
    bandung kalo belum muter2 kemana-mana ga berasa na...
    jalan-jalan emang asik...^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...